mountface

Gan, nih ane posting lagi. Postingannya sih datar-datar aja gak ekspert2 banged [kayak bahas jaringan, server] yang penting ane enjoy ngeblog gitu. :D kali ini ane mo posting tentang permasalahan yang sering di hadepin para newbie [seperti ane] yang strees berat ketika partisinya tidak muncul atau  tidak bisa mount otomatis ketika pertama kali masuk ubuntu. Ane juga dulu gitu gan, pusiing ndak tahu kemana nih partisi. Tapi setelah cari kesono dan kesini akhirnya fix juga deh permasalahan tersebut. (dance) (dance)
Kalau mau ndengerin cerita ane klik aja link di bawah ini, kalo gak mau yaudah di close aj nih blog :D [becanda kali gan]

Sering kali ketika kita masuk ke System ubuntu mesti dihadapkan oleh hilangnya partisi-partisi, tenang gan sebenarnya gak hilang kok partisi tersebut cuma belum ke mount aja. Terus gimana cara nge-mount partisi tersebut? Gini nih sebelumnya juragan kudu tahu letak partisi tersebut. kita pakai perintah fdisk -l.

mountfdiskmountfdisk

nah keliatan tuh peta2 partisi kita, disana punya ane ada 4 partisi inti. Uuups, ketahuan deh ternyata ane juga masih pakai partisinya mikocok “NTFS” :D . abis gimana lagi gan kalo gak pakai tuh OS, ane gak bakalan bisa eksis di dunia maya, nulis blog, ngaskus, fb, milis dll :( (

langkah selanjutnya, adalah edit tuh fstab milik kita. gimana tuh cara ngeditnya?
sini-sini ane coba share. sambil liat gambar yang di bawah ini yaa.

mountfstabmountfstab

fstabfstab

Gini pengertian menurut warna-warna nya:
Merah: tuh letak partisi kamu, jadi semisal Juragan punya 10 partisi biasanya ubuntu membaginya menjadi sda1, sda2, sda3, sda4, sda5 dst.
**sda kalo gak salah jenis harddisk bertipe sata, ada juga yang hda [hardisk bertipe ata] kalo gak salah.

Biru: yang biru adalah mount point dari partisi yg merah tadi, secara default ubuntu akan memount partisi tuh di direktori media.
**bisa juga kita memount partisi di sembarang tempat, terserah.

Hijau: Warna Hijau adalah tipe dari partisi juragan, karna ane pakai ext4 jadi ya tulis ext4, kalo agan masih pakai ntfs ya tulis ntfs, fat32 ya tulis fat32.