Suatu hari saya ingin bermain PES 2010 di OS Windows. Kebetulan komputer yang saya pegang ini memiliki 2 OS, yaitu Ubuntu 10.04 dan Windows 7. Dalam keadaan normal, saya akan masuk ke dalam GRUB terlebih dahulu yang bertugas untuk memberi pilihan, OS manakah yang akan digunakan pertama kali. Namun, yang terjadi adalah GRUB tersebut eror. Komputer saya tidak masuk sama sekali ke GRUB [tidaaak…]. Karena merasa kebingungan akhirnya saya gunakan live cd ubuntu untuk menggunakan masuk ke OS sementara dan browsing agar mendapatkan informasi meperbaiki GRUB yang ujug2 gak muncul.

Atas rahmat Allah, saya menemukan ntu cara dari blog http://ilkom07.blogspot.com. Tutorialnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Live CD Ubuntu 10.04 atau bisa download dulu di situs resmi nya.
  • Setting BIOS agar First Boot Device nya CD-ROM
  • Setelah masuk ke menu instal ubuntu, pilih yang paling atas “try ubuntu without bla..bla..bla..”
  • Setelah masuk ke system, masuk ke Terminal. Applications > Accesosries > Terminal
  • Masuk sebagai root. Caranya ketik sudo -s lalu enter dan masukan password anda
  • Lihat partisi anda dengan mengetik sudo fdisk -l
  • Setelah diketahui pertisi linuxnya (misalkan di laptop saya sda2), kemudian lakukan mounting seperti ini

sudo mount -t ext4 /dev/sda2 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt /bin/bash

  • Sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR, perintahnya

grub-install /dev/sda

  • Sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya (di laptop saya berada di /dev/sda2), perintahnya

grub-install /dev/sda2

  • Jika tidak ada pesan error maka setelah Anda melakukan Reboot, bootloader akan kembali seperti semula

akhirnya setelah itu, alhamdulillah bisa lagi deh. PES 2010 pun bisa dimainkan kembali. HHA (ketawa senang)

semoga bermanfaat