Netbook pertama kali booming di Indonesia semenjak dirilisnya produk EEE PC dari produsen ASUS. Dan kini, hampir seluruh manufaktur komputer merilis netbook mereka. Mulai dari Acer, Dell bahkan Toshiba-pun ikut memproduksi netbook dengan variasa harga mulai dari 2 jutaan rupiah hingga 8 juta rupiah.
Netbook memiliki karakteristik yang berbeda dengan komputer pribadi lainnya yang ukurannya lebih besar, seperti notebook, laptop maupun PC. Karena ukurannya yang sangat kecil, maka dilakukanlah penyesuaian-penyesuaian tidak terbatas dengan menghilangnya CD/DVD Driver Internal, melainkan juga ukuran board yang lebih kecil serta yang tidak kalah pentingnya adalah ukuran prosesor yang kecil dan memiliki kemampuan komputasi lebih kecil dibandingkan komputer biasanya.
Untuk itu, diperlukan juga penyesuaian-penyesuaian terhadap perangkat lunak yang berjalan diatas netbook. Walaupun netbook memiliki arsitektur sama dengan komputer biasa dan bisa menjalankan software yang pada komputer umumnya, namun pemilihan software haruslah bijak agar kemampuan komputasi yang terbatas pada netbook tidak membuat performa perangkat lunak yang berjalan diatasnya menjadi ikut lambat.
Kali ini, saya akan membahas mengenai tiga macam sistem operasi ideal yang dapat digunakan untuk netbook anda, dan sangat ringan untuk dijalankan pada netbook. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah, tampilannya yang lebih ringkas pada layar netbook yang resolusinya maksimal hanya 1024×600.

Microsoft Windows XP
Walaupun Windows XP ini sudah dirilis sejak lama (10 tahun yang lalu), dan Windows sudah menyediakan versi terbarunya, Sistem operasi ini masih tetap menjadi sistem operasi ideal untuk netbook. Sebab sistem operasi inilah masih lumayan ringan jika dijalankan di atas netbook. Maka tidak dipungkiri lagi, bahwa produsen netbook tetap menggunakan versi Windows ini sebagai perangkat lunak bawaan disetiap produknya. Hal ini jugalah yang memaksa Microsoft untuk memperpanjang dukungannya untuk Windows XP, hingga tahun 2014.
Walaupun pada beberapa seri netbook sudah menyertakan Windows versi terbaru, yaitu Windows 7. Namun banyak pengguna yang tidak puas akan Windows 7 ini pada netbook mereka. Selain karena borosnya pengunaan resource baik CPU maupun RAM, Windows 7 edisi Starter yang selalu disertakan di netbook juga memiliki batasan fungsionalitas yang berlebihan.
Ubuntu Netbook Remix

Ubuntu sebagai salah satu sistem operasi berbasis Linux yang terkenal saat ini juga merilis versi khusus untuk netbook, yang dinamakan dengan “Ubuntu Netbook Remix”. Ubuntu versi ini secara resmi dirilis sejak versi 9.04. Anda bisa mengunduhnya melalui website http://www.ubuntu.com/getubuntu/download-netbook.
Yang membedakan Ubuntu Netbook Remix dengan Ubuntu biasa adalah dari menunya yang disesuaikan dan lebih memudahkan untuk penguna netbook dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu juga, penampilan area kerja juga lebih diringkas agar layar netbook yang resolusinya terbatas bisa digunakan secara maksimal.
Moblin
Nah, ada satu lagi sistem operasi yang sangat cocok untuk netbook. Namanya adalah Moblin. Sistem operasi ini juga berbasis Linux, sama dengan Ubuntu. Hanya saja, Moblin memiliki penampilan yang sangat intuitif dan sangat ramah. Moblin menyertakan antarmuka berupa tab atau halaman, yang akan memudahkan untuk browsing, mengatur jadwal, memutar musik, melihat foto dan bahkan update status Facebook atau nge-tweet.
Sistem operasi ini juga didukung penuh oleh perusahaan Intel. Untuk mencicipinya, anda bisa mengunduh Moblin dan mendapatkan cara instalasinya melalui halaman http://moblin.org/downloads. Perlu anda ketahui juga, bahwa notebook/netbook Acer terbaru juga menyertakan Moblin pada seri Non-OS mereka (Sebenarnya sih OS, tapi biasanya tidak diakui oleh pengunanya :D)
Baiklah, itu tadi tiga macam sistem operasi ideal untuk netbook anda. Seperti yang saya katakan tadi, anda bisa saja menginstal sistem operasi favorit anda kedalam netbook. Namun jika anda ingin sistem operasi yang benar-benar ditujukan untuk netbook, anda bisa memilih salah satu dari 3 OS tersebut.
Selain itu juga, akan ada beberapa OS terbaru khusus netbook yang dirilis. Diantaranya adalah Meego (Kolaborasi antara Intel dan Nokia), dan juga Android untuk netbook. Kedua OS tersebut menggunakan kernel Linux.
Akhir kata, selamat mencoba dan bereksplorasi! Semoga anda bisa memilih OS khusus netbook yang pas buat anda dan netbook anda.