Maaf ya teman, baru bisa nge-blog lagi hari ini :) , habis naik gunung untuk belajar ilmu kanuragan lagi, he..he..

Kali ini saya ingin mereview mengenai Ubuntu yang baru saja mengeluarkan versi terbarunya tanggal 29 April lalu. Yaitu Ubuntu 10.04 Code Name “Lucid Lynx”, sesuai gambar diatas codename lucid lynx diambil dari nama latin binatang yaitu seperti kucing hutan liar.

Saya baru sempat install tanggal 30 april kemarin dan baru sempat sharing sekarang :) , mungkin sudah banyak ya yang memberikan review :) , untuk download nya silahkan langsung dari situs ubuntu, dan pilih negara untuk downloadnya yaitu Indonesia atau dari negara terdekat. Kalau saya ambil dari Jepang.

Untuk instalasinya saya menggunakan USB, tidak menggunakan CD karena lebih cepat menggunakan USB. Instalasinya cukup cepat jika dibandingkan dengan dengan versi sebelumnya. Hardware yang saya gunakan masih sama yaitu Notebook Asus UL20A.

Feature baru yang adalah :

– GNOME Ver. 2.30.0 (keren euy)

– Linux kernel 2.6.32

– Driver baru untuk pengguna nVidia
Default driver video yang digunakan hardware nVidia adalah Nouveau. Driver ini menyediakan pengaturan mode kernel, yang akan memberikan peningkatan deteksi resolusi. driver akselerasi perangkat keras ini menyediakan fungsi 2D dan 3D yang handal. Driver nouveau memungkinkan perbaikan bug cepat untuk masalah yang dihadapi.

– Social from the Start
Kini yang senang facebook dan twitter akan semakin mudah, karena sudah ada program khusus untuk itu dan tidak perlu repot-repot lagi buka web browser. Program yang dibangun di atas proyek Gwibber, yang memiliki back end, benar-benar baru yang lebih handal dibangun di atas desktopcouch. Gwibber sekarang juga mendukung tampilan multi-kolom untuk memantau secara bersamaan beberapa feed.

– New boot experience
Bootingnya sangat cepat, lebih cepat dari pendahulunya. Saya hitung sih cuma 37 detik :)

– New Indicators
Area notifikasi sekarang dengan fitur yang baru membuat pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan desain yang cantik, manajemen sesi, dan tugas lainnya.

– New Themes
Desktop telah diperindah dengan penambahan dua themes baru, Suasana dan Radiance. Wallpaper baru dan icon baru juga disertakan.

– Ubuntu One File Syncing
Bisa sync folder home langsung ke ubuntu one. Lumayan, bisa backup online gratis :) . Dan kita dapat free 2GB space

– Ubuntu One Music Store
Jutaan lagu yang tersedia untuk membeli dari desktop Ubuntu Anda, terintegrasi dengan Rhythmbox Music Player dan menggunakan Ubuntu One untuk sync dan backup dengan mudah.

– New features for Ubuntu Enterprise Cloud (UEC)
Ubuntu Installer Enterprise Cloud telah jauh lebih baik dalam rangka mendukung topologi instalasi alternatif. komponen UEC sekarang secara otomatis menemukan dan terdaftar, termasuk untuk topologi yang kompleks. Akhirnya, UEC sekarang didukung oleh Eucalyptus 1.6.2 basis kode

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di : http://www.ubuntu.com/products/whatisubuntu/1004features

Oh iya, sekarang semua device saya sudah terdeteksi dengan baik, mulai dari VGA, sound, wifi, lan, webcam, dll. Waktu di versi ubuntu 9.10 shortcut tombol untuk on/off wifi nya belum berfungsi, namun saat ini semua shortcut tombol sudah berjalan dengan baik. Saya juga menggunakan kernel “pae” yaitu “2.6.32-22-generic-pae” untuk membaca RAM 4GB.

Bugs… ya namanya product baru pasti ada :) , yang saya temukan adalah “evince”, yaitu program pembaca file pdf. Program evince ini tidak bisa dijalankan. Namun hari ini tanggal 2 Mei sudah dibuatkan updatenya. Dan problem tersebut sudah solve dengan sempurna :) . Jadi bagi kalian yang baru saja install, diharapkan untuk segera melakukan update. Sampai saat ini sih baru itu saja bugs yang ditemukan dan sudah diperbaiki juga oleh pihak Ubuntu.

Review secara keseluruhan untuk Ubuntu versi 10.04 ini adalah “Sangat Di Rekomendasikan” :) , apalagi versi ini adalah versi LTS (Long Term Support) dimana dukungan support dan updatenya sampai 3 tahun untuk versi dekstop dan 5 tahun untuk versi servernya.

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171