Tulisan ini saya buat karena masih banyak yang menanyakan kepada saya seputar pertanyaan mendasar mengenai Ubuntu. Mudah-mudahan bermanfaat :)

Banyak yang menanyakan bagaimana caranya install program di ubuntu, disini saya akan membahasnya. Untuk install di ubuntu ada beberapa cara, dari yang sedikit susah sampai yang paling gampang.

Namun sebelum install sesuatu program syaratnya ubuntu yang ada harus di update terlebih dahulu repository nya. Apa itu repository?? Repository adalah tempat dimana program-program ubuntu yang tidak terdapat pada CD defaultnya. Repository ini bisa berupa CD, DVD, Hardisk (bagi yang tidak terhubung ke Internet), atau Server/Komputer baik itu yang online maupun offline.

Kenapa harus di update?? Tujuannya agar database program yang ada pada ubuntu yang baru kita install dapat singkron dengan repository tersebut. Untuk mengupdatenya jalan kan perintah ini :

Pada terminal console, ketikan :

$ sudo apt-get update

Nah setelah update berhasil baru kita bisa install program-program untuk ubuntu.

Cara pertama untuk install program di ubuntu yang sedikit susah adalah melalui terminal / console. Syaratnya disini adalah kita harus tahu nama program yang akan kita install, misalnya kita akan menginstall “mc” :

$ sudo apt-get install mc

Cara yang lebih mudah adalah melalui synaptic atau ubuntu software center :

Melalui synaptic atau software center ini kita hanya perlu mencari saja program yang akan kita install, kemudian tinggal di apply atau install. Mudahkan :)

Satu lagi yang perlu diketahui adalah ubuntu ini secara defaultnya belum menyertakan codec untuk multimedia, jadi jangan heran kalau ketika pertama kali install ubuntu belum dapat memainkan file-file multimedia seperti mp3 dan video film.

Untuk dapat menjalankan file multimedia harus di install terlebih dahulu codec multimedianya, Gunakanlah synaptic untuk meng-install codecnya. Cara nya tinggal searching dengan nama “gstreamer”, setelah dapat kemudian install semua yang berhubungan dengan kata “gstreamer” kecuali yang berakhiran doc, dev, dan dbg. Kemudian apply.

Mungkin itu dulu, nanti kalau ada tambahan saya update lagi :)

Dony Ramansyah

site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017