Virtual Box – Virtual Machine 3

Kalau kita ingin mencicipi OS terbaru misalkan Linux atau ingin mencoba compatibilitas program yang kita buat di berbagai OS (Linux dan Windows) secara bersamaan ternyata ada cara mudah yakni dengan menggunakan Virtual Box. Dengan software ini kita bisa menjalankan OS di dalam OS. Maksudnya adalah kalau kita punya OS Windows XP (Host) maka di virtual Box kita bisa menginstal OS lain (guest) seperti Linux (kernel 2.6) ataupun Windows Vista, misalnya. Virtual Box ini mirip dengan VMware, software virtual machine.

Ukuran software ini reltif kecil yaitu 16.863Kb untuk versi 1.5. Software ini berlicensi GNU. Jadi, kita bisa mendownloadnya secara gratis. Disarankan untuk OS Hostnya memiliki memory relatif besar. Karena nanti akan dishare dengan OS guestnya. Misal kita punya 512Mb dan untuk memori OS Host kita beri 256Mb maka memory (real) yang tersisa di OS host 256Mb.Tertarik?

Berikut saya berikan langkah-langkah menggunakannya untuk OS host Windows XP dengan OS guest PCLinuxOS 2007.

  1. Download Virtual Box. Tentukan OS Host yang kamu pakai apakah linux atau windows. Karena installernya beda.
  2. Install Virtual Box. Caranya sama dengan menginstal software pada umumnya.
  3. Buat Virtual Disk untuk Hardisk OS guest kita. pilih File > Virtual Disk Manager. Didalam Virtual Disk manager pilih New. Untuk OS guest PCLinux2007 saya memilih ukuran fix 3Gb.
  4. Setelah selesai membuat Virtual Disk sekarang buat OS Guestnya. Pilih New dan ikuti wizardnya. Untuk Virtual Disknya pakai Virtual disk yang telak kita buat.
  5. Sekarang setting OS Guest kita tersebut. Yang terpenting adalah tentukan lokasi sumber OS guest kita. select OS guest trus pilih setting > CD/DVD rom > centang Mount CD/DVD-Rom. karen sumber PClinux saya berupa ISO. maka saya pilih ISO image file.
  6. Jangan lupa setting boot order ke CD/DVD ROM. caranya Setting > General > klik tab Advance. Pilih boot order
  7. Kembali ke menu utama. select OS guest kita dan klik start.
  8. Sekarang kamu siap menginstal OS Guest di Virtual Disk. Langkah-langkahnya sama seperti cara instal OS di komputer pada umumnya. Kalau kamu lebih suka Knoppix maka tidak perlu di install.

Agar bisa sharing folder antara OS Host dengan OS Guest pada Virtual Box maka kita harus instal Guest Addition dulu.

caranya sebagai berikut (Anda harus instal OS Guest di Virtual Disk)

  1. Ganti boot order di Virtual Box ke Disk virtual. klik setting > genereal > pilih tab advance > boot order.
  2. Masih dalam setting menu, pilih CD/DVD Rom > centang Mount CD/DVD drive > ISO image file dan browse ke C:\Program Files\innotek VirtualBox\VBoxGuestAdditions.iso
  3. Start OS Guest
  4. Setelah masuk, buka Terminal dan ganti account ke Administrator dengan perintah SU
  5. Ganti directory ke tempat CD ROM di mount
  6. ketikkan perintah “sh ./VBoxLinuxAdditions.run” (tanpa tanda petik)
  7. restart OS guest.

Untuk setting Folder agar bisa diakses oleh OS Guest

  • Pilih setting > Shared Folder > Add new folder. Browse folder di OS host yang ingin kamu share.
  • Sekarang masuk ke OS guest kamu.
  • Mount folder tadi ke Virtual disk kamucaranya : ketikan di terminal “mount -t vboxsf [nama folder] [tujuan mount]“, contoh: nama folder lagu, dan ingin dimount di /media/lagu“mount -t vboxsf lagu /media/lagu”
  • Sekarang lihat isi folder /media/lagu
  • Jangan lupa aktifkan audio di Virtual Box nya jika ingin mendengarkan lagu lewat OS Guest. Pilih setting > audio > Windows Direct Sound.

Untuk Windows Host Download
Untuk Linux Host