Pabrikan ponsel terbesar di dunia, Nokia, menjadi salah satu consumer electronic manufacturer terbelakang yang berani memproduksi tablet dan mengekor dibelakang kesuksesan Apple lewat produk iPadnya. Menurut The Street, raksasa mobile ini sedang mempersiapkan sebuah kerjasama dengan beberapa partner bisnis dan vendornya untuk memproduksi tablet layar sentuh terbarunya. Nokia mematok target untuk memasarkan produk tersebut pada musim semi tahun ini untuk menyambut datangnya musim liburan.

Nokia, yang berada pada posisi yang cukup unik untuk membangun competitor iPad, telah mengawali kemunculan tablet device di awal tahun 2005 lewat produk Nokia 770. Diikuti oleh dua successor di genre tablet internet, N800 dan N810. Hingga akhirnya perusahaan asal negeri seribu danau ini memproduksi N900 sebagai sebuah mobile phone.

Seluruh deretan smartphone high end keluaran Nokia mengadopsi Linux based Maemo sebagai system operasi standar. Sementara untuk tablet terbarunya para pengamat memprediksi perusahaan yang dibangun oleh Fredrik Idestam tersebut bakal menggunakan MeeGo, sebuah system operasi baru yang dikembangkan oleh Nokia bekerja sama dengan Intel. Jika hal ini terbukti, maka tablet berbasis MeeGo lansiran Nokia akan meramaikan pasar tablet bersama dengan Android dan Windows 7 yang juga bakal hadir tahun ini.