Maraknya merek dan versi netbook yang beredar di pasaran belakangan ini, membuat masing-masing pabrikan menerapkan berbagai inovasi terkini untuk mengantisipasi tantangan yang datang dari kompetitornya. Konsekuensinya adalah meningkatnya harga jual guna mengimbangi perangkat-perangkat canggih yang diusung oleh tiap netbook tersebut. Lalu, apakah netbook berharga murah tidak bisa bersaing dipasaran? Belum tentu. Karenanya kami mencoba menyaring dari berbagai situs yang mengulas tentang netbook-netbook yang dipersenjatai dengan tekonologi-teknologi terkini berbandrol di bawah $300.

Asus 1001P ($282)

Kendati berbandrol murah, 1001P masih menawarkan daya tahan baterai hingga 11 jam serta mengusung fitur-fitur seperti CPU N450, memory 1GB hingga Hard Drive 160GB. Jangan harap bisa menemukan sistem Bluetooth dan system nirkabel N di sini. Namun Anda masih bisa menikmati koneksi internet nirkabel lewat Wi-fi 802.11 b/g.

Acer AO532h ($299)

Seperti telah diketahui, saat ini banyak beredar berbagai pilihan dari netbook Acer AO532h di pasaran, dimulai dari harga yang paling murah sebesar $299. Dengan sejumlah dana tersebut, Anda akan mendapatkan netbook berspesifikasi standar CPU N450, RAM 1GB, HDD 160GB lengkap dengan Windows 7 Starter dan baterai yang sanggup digunakan hingga 8 jam. Sebelas dua belas dengan netbook di atas yang dilansir oleh Asus, namun Acer memberikan lebih banyak pilihan warna untuk AO532h.

Dell Inspiron Mini 10 ($299)

Salah satu mini notebook terbaik adalah Dell Mini 10. Selain berdimensi kompak, netbook ini dibuat oleh Dell, sebuah merek yang cukup ternama di Negara Paman Sam. Jadi pengguna di AS bisa menemukan spare part dan service di sana. Selain itu, Mini 10 juga hadir dengan fitur-fitur terkini semisal prosesor Intel Z530 1.6 GHz, memori 1 GB dan hard-drive 160GB. Berkat konfigurasi seperti itu, netbook yang memiliki sistem TV-Tuner terintegrasi tersebut mampu memutar tayangan HD dan Flash dengan baik.

HP Mini 210 ($294)

Hewlett-Packard juga memiliki senjata untuk bersaing di pasar netbook dengan rentang harga di bawah $300. Ya, mereka menawarkan HP Mini 210. Versi paling basicnya menawarkan fitur hampir serupa dengan netbook di atas, hanya saja memiliki daya tahan baterai yang lebih singkat. Baterai 3 Cell nya hanya sanggup bertahan hingga 4.5 jam saja. Kendati demikian, tampilan dari netbook dimaksud sedikit lebih impresif dengan mate case dan desain yang variatif.

Gateway LT2106u ($299)

Dengan prosesor Intel Atom N450 yang revolusioner, Gateway LT2106u menawarkan sebuah performa yang lebih outstanding dari sebuah netbook. Apalagi telah dilengkapi dengan system operasional Windows 7, membuat netbook ini diklaim lebih responsive. Baterai lithium-ion 6 Cell-nya sanggup digunakan selama 8 jam dengan tampilan layar beresolusi 1024 x 600 pixel yang ditunjang dengan pengadopsian system Intel Graphic.