Banyak yang sudah paham jika Cina memang terkenal sebagai Negara peniru terbaik di dunia. Beragam produk lansiran pabrikan-pabrikan ternama di dunia pasti akan langsung dipalsukan oleh pengrajin-pengrajin di Negara berjuluk Tirai Bambu tersebut. Mulai dari produk kecantikan, fashion hingga berbagai produk elektronik. Dan sekarang yang harus terkena getahnya adalah Apple Inc. Manufaktur elektronik ternama asal AS ini sedang dipusingkan oleh hadirnya jiplakan iPad.

Setelah menjual produk tiruan seperti iPhone, iPod dan konsul permainan lainnya, Reuters melaporkan bahwa sebuah kota di sebelah utara Hongkong, Senzhen, ditemukan versi bajakan dari tablet terbaru keluaran Apple, iPad. Bahkan, harga bandrol dari iPad bajakan tersebut jauh lebih murah ketimbang iPad orisinil. Anda dapat menebus iPad tiruan hanya dengan harga US$ 410.

Salah satu versi yang ditemukan tampak memiliki bukan hanya satu, melinkan tiga port untuk USB dan bekerja dengan sistem operasional Windows. What??? An iPad with Windows OS??? “Ini hanyalah versi pertama. Saat ini, beberapa pabrikan sedang membuat iPad tiruan yang lebih sempurna,” ujar si pemilik toko kepada Reuters. Well, bukan sebuah berita yang mengejutkan mengingat reputasi Shenzhen yang sudah mashur ke seluruh dunia sebagai kota peniru. “China pada dasarnya adalah pasar yang memiliki peluang untuk meniru semua jenis produk,” jelas CEO Analysis International yang berbasis di Cina, Edward Yu.

Setelah Anda mengetahui bahwa ada produk tiruan dari Apple iPad, apakah ini akan Anda pertimbangkan sebelum menebus iPad sungguhan? Atau Anda memiliki pendapat lainnya?