Bosan rasanya melihat grub ubuntu 9.10 Karmic Koala saya yang hitam saat booting. Rasanya ingin sekali saya menambahkan sebuah gambar yang menarik, agar tampilan grub ubuntu saya bisa lebih cantik. Karena belum mengetahui bagaimana cara menggantinya, maka saya blog walking ke Solve With It, salah satu blog yang membahas tentang Linux favorit saya. Di sana, saya mendapatkan sebuah ilmu yang sangat berguna. Tulisan karya Mas Felani yang berjudul Splash Images on Karmic ini mebuat saya berani untuk mencoba mengganti grub default dari Ubuntu 9.10 Karmic Koala saya yang hitam menjadi lebih berwarna. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengistal Grub2-splashimages. Saya mengetikkan perintah
sudo apt-get install grub2-splashimages
Setelah itu, proses download dan instalasi akan berjalan dengan otomatis. Setelah proses download dan instalasi selesai, maka sekarang saatnya untuk menggantu GRUB default dari Ubuntu 9.10 Karmic Koala dengan image yang sesuai dengan keinginan anda. Sebagai catatan, berkas yang tadi anda unduh berada di /usr/share/images/grub.
Splash images
Untuk mulai mengganti splash images pada grub, edit file /etc/grub.d/05_debian_theme, cari baris:

for i in {/boot/grub,/usr/share/images/desktop-base}/moreblue-orbit-grub.{png,tga} ; do

edit menjadi

for i in {/boot/grub,/usr/share/images/desktop-base,/usr/share/images/grub}/namaimage.{png,tga} ; do

*anda ganti namaimage dengan nama gambar yang anda pilih. Anda bisa menabahkan gambar baru ke /usr/share/images/grub dengan login sebagai root. Perintahnya sebagai berikut:
sudo nautilus
Image yang anda masukkan harus berekstensi .png atau .tga serta memiliki resolusi 640×480 pixel (VGA)

Setelah itu, klik save dan quit. Setelah file tersimpan, kini saatnya mengupdate grub agar splash images yang telah anda masukkan bisa berfungsi. Perintah yang anda ketik di terminal adalah:
sudo update-grub
Setelah berhasil, anda restart komputer atau laptop anda. Maka, anda akan melihat bahwa spalsh images yang anda instal telah menggantikan spalsh images default dari Ubuntu 9.10 Karmic Koala yang hitam. Sehingga, anda tidak akan merasa bosan dengan tampilan grub saat anda menyalakan komputer atau laptop anda. Karena saya belum bisa membuat screen shot saat booting, maka saya copy screen shot yang ada di Solve With It.
grub
Ini adalah salah satu proses belajar Linux yang sedang saya lakukan.